Example 728x250
Doa

Doa Orang-Orang yang Beriman

29
×

Doa Orang-Orang yang Beriman

Share this article
Doa Tawakal
Doa Tawakal
Example 468x60

Al-Quran Media-Doa yang diajarkan kepada kita bukanlah sekadar untuk dibaca dan diulang-ulang lafaznya saja, tetapi agar doa itu dibaca dengan tulus ikhlas dengan sepenuh hati dan jiwa, di samping selalu melakukan segala perintah-Nya dan menjauhi larangan- Nya sesuai dengan kesanggupan hamba itu sendiri.

Doa Orang-Orang yang Beriman

رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِن نَّسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِن قَبْلِنَا رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا أَنتَ مَوْلَانَا فَانصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

Doa latin: “Robbanâ lâ tu’âkhidznâ in nasînâ au akhtho’nâ, Robbanâ walâ tahmil ‘alainâ ishron kamâ hamaltahû ‘alalladzîna min qoblinâ, Robbanâ walâ tuhammilnâ mâ lâ thooqota lanâ bihi wa’fu ‘annâ waghfirlanâ warhamnâ anta maulânâ fanshurnâ ‘alal qoumil kâfirîn”

Artinya: “… Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir” (QS. al-Baqarah [2]: 286).

Penjelasan doa

Doa adalah penunjang keberhasilan suatu usaha. Doa juga erat hubungannya dengan tindakan dan perbuatan. Tindakan dan perbuatan erat pula hubungannya dengan ilmu pengetahuan.

Oleh karena itu, orang yang berdoa belumlah dapat dikatakan berdoa bila ia tidak mengerjakan perbuatan yang harus dikerja- kan serta menjauhi larangan yang harus ditinggalkan. Berbuat dan beramal haruslah berdasarkan ilmu pengetahuan.

Ada amal yang sanggup dikerjakan dan ada amal yang tidak sanggup dikerja- kan, ada amal yang dikerjakan dengan sempurna dan ada pula amal yang tidak dapat dikerjakan dengan sempurna. Untuk menyempurnakan kekurangan ini,

Allah mengajarkan doa kepada hamba-Nya. Dengan perkataan lain, doa itu menyem- purnakan amal yang tidak sanggup dikerjakan dengan sempurna.

Dari doa itu dipahami bahwa pada hakikatnya perbuatan terlarang yang dikerjakan karena lupa atau salah dan tidak di- sengaja, ada juga hukumnya.

Hukuman itu ditimpakan kepada pelakunya. Karena itu Allah mengajarkan doa tersebut kepada hamba-Nya agar dia terhindar dari hukuman itu.

Setelah diajarkan doa untuk meminta ampun kepada Allah dari segala perbuatan yang dilakukannya karena lupa dan tidak sengaja maka diajarkan juga doa yang lain untuk memohon agar dia tidak dibebani dengan beban yang berat sebagaimana yang telah dibebankan kepada orang-orang dahulu.

Kemudian diajar- kan lagi doa untuk memohon agar dia tidak dibebani dengan beban yang tidak sanggup dipikulnya.

Itulah doa tentang Orang-Orang yang Beriman dan penjelasannya, semoga bermanfaat

Referensi:

M. Mas’udi Fathurrohman Berdoa dengan ayat al-Quran
Example 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Doa Tawakal
Doa

Al-Quran Media-Terhadap bapaknya yang masih kafir, Ibrahim tidak…

Doa Mohon Kebahagiaan Hidup di Dunia dan Akhirat
Doa

Al-Quran Media-Ath-Thabari dan Ibnu Abi Hatim meriwayatkan dari…