Example 728x250
Hikmah

Dalil Islam Rahmatan Lil Alamin Artinya

228
×

Dalil Islam Rahmatan Lil Alamin Artinya

Share this article
Example 468x60

Al-Quran Media – Islam adalah agama yang mengajarkan kebaikan dan melarang  keburukan.  Islam datang  pada abad ke-7 Hijriyah yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW. 

Dengan sifatnya yang lemah lembut Agama ini mudah diterima oleh masyarakat  pada saat itu. Agama ini datang  pada sama jahiliyah yaitu suatu zaman  yang   penuh kekejaman,  kemungkaran dan kerakusan.

Pada saat itu bayi perempuan dibunuh,  perempuan tidak dihargai,  serta kejahatan terjadi di mana-mana.  Dengan adanya Islam  yang dibawa oleh Nabi Muhammad  maka  Islam merubah tradisi tradisi dengan menjadi masyarakat berkeadaban.

Agama  agama ini mendeklerkan dirinya sebagai agama   rahmatan lil alamin yaitu suatu agama yang memiliki misi mengasihi seluruh alam.

Islam rahmatan lil alamin artinya

Islam rahmatan lil alamin artinya adalah Islam adalah agama yang memberi Rahmat kepada seluruh alam.  Alam diartikan sebagai sesuatu selain Allah Subhanahu Wa Ta’ala.  artinya Islam tidak hanya memberi Rahmat kepada manusia tapi kepada semua alam yaitu meliputi  manusia,  hewan,  jin,  dan alam raya ini. 

Islam rahmatan lil alamin sering di diskusikan pada era sekarang karena  seiring munculnya Islam  radikal  dan teroris  yang  memberi asumsi bahwa Islam adalah agama yang kejam. Namun bila dilacak istilah brahmatan lil alamin sebenarnya  hal tersebut merupakan ciri khas dan karakteristik Islami itu sendiri. 

Dilihat dari beberapa kisah  Rasulullah SAW.  yang mengajari kasih sayang dan lemah lembut itu merupakan bukti bahwa  Islam adalah agama yang memberi Rahmat kepada seluruh ini. 

Dalil Islam rahmatan lil alamin artinya

Dalam Alquran dijelaskan.  Allah berfirman:

وَمَآ اَرْسَلْنٰكَ اِلَّا رَحْمَةً لِّلْعٰلَمِيْنَ

Artinya: “Kami tidak mengutus engkau (Muhammad) melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi seluruh alam.” (QS. Al-Anbiya’: 107)

 ayat ini menjelaskan bahwa Nabi Muhammad dan diutus kecuali membawa rahmat kepada seluruh alam.

Bukti bahwa Islam adalah agama yang rahmatan lil alamin ialah ajaran-ajaran Islam yang mengasihi kepada sesama sebagaimana ajaran Islam yang memerintahkan untuk memberi zakat kepada orang-orang miskin dan  orang-orang kafir fakir.

Selain itu Islam juga mengajarkan untuk membantu orang-orang yang tidak mampu. Ajaran-ajaran Islam yang membawa rahmat kepada  seluruh alam itu banyak sekali tidak hanya hal-hal yang sudah disebutkan tadi tapi itu.

Kisah ini terdapat dalam riwayat hadis shahih riwayat Imam Muslim (204-261 H):

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قِيلَ يَا رَسُولَ اللهِ ادْعُ عَلَى الْمُشْرِكِينَ قَالَ إِنِّي لَمْ أُبْعَثْ لَعَّانًا  وَإِنَّمَا بُعِثْتُ رَحْمَةً

Artinya: dari Abi Hurairah Ra. Dikatakan kepada Rasulullah saw untuk  mendoakan orang-orang musyrik, maka Nabi menjawab: “Sesungguhnya aku diutus bukan untuk melaknat, tetapi aku diutus untuk  membawa rahmat.” (H.R. Muslim)

Imam al-Nawawi (631-676 H) dalam kitab Syarh Shahih Muslim menjelaskan bahwa hadis di atas merupakan  bukti bahwa melaknat bukanlah kebiasaan seorang muslim. Sebaliknya, seorang muslim harus senantiasa menebar rahmat dan kasih sayang kepada sesama. Baik sesama muslim ataupun dengan pemeluk agama lain. Bahkan dalam teks hadis di atas, jelas ditunjukkan bahwa melaknat orang musyrik pun, Nabi Muhammad saw tidak berkenan.

Dalam hadis ini dijelaskan ketika Rasulullah diminta untuk mendoakan orang-orang yang musyrik agar diberi laknat maka Rasulullah menjawab Aku diutus bukan untuk melatih tetapi untuk membawa rahmat.  ini menunjukkan bahwa Islam yang dibawa Nabi Muhammad dari Islam yang mengajarkan  kasih sayang kepada manusia walaupun itu  musuhnya. 

Dalam beberapa kisah dijelaskan bahwa terdapat perbedaan antara Nabi Muhammad dan nabi Yaitu ketika umat Nabi Muhammad melakukan salah maka Nabi Muhammad memintakan untuk diampuni dan ketika umatnya nabi Nuh bersalah maka Nabi Nuh meminta untuk di adzab.

 Hal ini merupakan bukti bahwa Islam memang benar-benar membawa rahmat  bukan kebencian apa lagi melaknat kepada sesama.

Itulah penjelasan tentang Islam rahmatan lil alamin semoga bermanfaat.

Baca juga:

Example 300250

Responses (4)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.