Example 728x250
Doa

Doa Mohon Agar Keturunan Kita Menjadi Umat yang Tunduk dan Patuh kepada Allah

35
×

Doa Mohon Agar Keturunan Kita Menjadi Umat yang Tunduk dan Patuh kepada Allah

Share this article
Doa Mohon Agar Keturunan Kita Menjadi Umat yang Tunduk dan Patuh kepada Allah
Doa Mohon Agar Keturunan Kita Menjadi Umat yang Tunduk dan Patuh kepada Allah
Example 468x60

Al-Quran Media-Ibrahim a.s. melanjutkan doanya, agar keturunannya men- jadi umat yang tunduk dan patuh kepada Allah.

Doa Mohon Agar Keturunan Kita Menjadi Umat yang Tunduk dan Patuh kepada Allah

رَبَّنَا وَاجْعَلْنَا مُسْلِمَيْنِ لَكَ وَمِن ذُرِّيَّتِنَا أُمَّةً مُسْلِمَةً لَّكَ وَأَرِنَا مَنَاسِكَنَا وَتُبْ عَلَيْنَا إِنَّكَ أَنتَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ

Doa latin: “Robbanâ waj’alnâ muslimaini laka wa min dzurriyyatinâ ummatan muslimatan laka wa arinâ manâsikanâ wa tub ‘alainâ, innaka antattawwâburrohîm”

Artinya: “Ya, Tuhan kami, jadikanlah kami berdua orang yang tunduk patuh kepada Engkau dan (jadikanlah) di antara anak cucu kami umat yang tunduk patuh kepada Engkau dan tunjukkanlah kepada kami cara-cara dan tempat-tempat ibadat haji kami, dan terimalah tobat kami. Sesungguhnya Engkaulah yang Maha Penerima tobat lagi Maha Penyayang.” (QS. al-Baqarah [2]: 128).

Penjelasan doa

Tunduk patuh terkandung pengertian bahwa umat yang dimaksud itu mem- punyai sifat-sifat sebagai berikut.

  1. MemurnikankepercayaanhanyakepadaAllah.Hatiseorangmuslimhanyamemercayaibahwayangberhakdisembahdan dimohonkan pertolongan hanya Allah YangMahaEsa.KepercayaaninibertolakdarikesadaranmuslimbahwadirinyaberadadibawahpengawasandankekuasaanAllah.HanyaAllahsajayangdapatmemberikeputusanatasdirinya.
  2. Semuaperbuatan,kepatuhan,danketundukandilakukanhanyakarenadankepadaAllahsaja,bukankarenamenuruthawanafsu,bukankarenaingindipujidandipandangbaikolehorang,bukankarenapangkatdanjabatan,danbukanpulakarenakeuntunganduniawi.

Ibrahim dan Ismail juga memohon kepada Allah agar ditunjukkan cara-cara mengerjakan segala macam ibadah dalam rangka menunaikan ibadah haji, tempat wuquf, thawaf, sa’i, dan sebagainya sehingga ia dan anak cucunya dapat melaksanakan ibadah sesuai dengan yang diperintahkan Allah.

Di dalam ayat ini, Ibrahim a.s. memohon kepada Allah agar diterima tobatnya, padahal Ibrahim adalah seorang nabi dan rasul, demikian pula puteranya. Semua nabi dan rasul dipelihara Allah dari segala macam dosa (ma’shum). Karena itu maksud dari doa Ibrahim dan puteranya ialah:

  1. Ibrahima.s.danIsmaila.s.memohankepadaAllahagardiampunisegalakesalahanyangtidakdisengaja,yangtidakdiketahui,danyangdilakukannyatanpakehendaknyasendiri.
  2. Sebagai petunjuk bagi keturunan dan pengikutnya di kemudian hari,agarselalumenyucikandiridarisegalamacamdosadenganbertobatkepadaAllahdanmenjagakesuciantempatmengerjakanibadahhaji.

“Allah Maha Penerima tobat” berarti bahwa Allah sendirilah yang menerima tobat hamba-hamba-Nya, tidak ada yang lain. Dia selalu menerima tobat hamba-hamba-Nya yang benar-benar bertobat serta memberi taufik agar selalu mengerjakan amal- amal yang saleh. “Allah Maha Penyayang” berarti bahwa Allah Maha Penyayang kepada hamba-hamba-Nya yang bertobat dengan menghapus dosa dan azab dari mereka.

Dari doa Nabi Ibrahim ini dapat dipahami bahwa ia memohonkan agar keturunannya diberi taufik dan hidayah sehingga dapat melaksanakan dan mengembangkan agama Allah, membina peradaban umat manusia, dan mengembangkan ilmu pengetahuan menurut yang diridhoi Allah.

Doa Mohon Agar Keturunan Kita Menjadi Umat yang Tunduk dan Patuh kepada Allah

رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلَاةِ وَمِن ذُرِّيَّتِي رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاءِ

Doa latin: “Robbij’alnî muqîmash sholâti wamin dzurriyyatî, robbanâ wa taqobbal du’â”

Artinya: “Ya, Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat. Ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku.” (QS. Ibrahim [14]: 40).

Penjelasan doa

Pada ayat ini dilukiskan pernyataan syukur Ibrahim pada Allah atas segala rahmat-Nya. Ia bertambah tunduk dan patuh kepada Allah dan berdoa agar Allah mejadikan keturunannya selalu mengerjakan shalat, tidak pernah lalai mengerjakannya sedikit pun, sempurna rukun-rukun dan syarat-syaratnya, dan sempurna pula hendaknya mengerjakan sunah-sunahnya dengan penuh ketundukan dan kekhusyukan.

Ibrahim a.s. berdoa agar keturunannya selalu mengerjakan shalat karena shalat itu adalah pembeda antara mukmin dan kafir dan merupakan pokok ibadah yang diperintahkan Allah. Orang yang selalu mengerjakan shalat akan mudah baginya mengerjakan ibadah-ibadah lain dan amal-amal saleh. Shalat dapat menyucikan jiwa dan raga karena shalat dapat mencegah manusia dari perbuatan keji dan mungkar.

Itulah doa tentang permohonan untuk  Agar Keturunan Kita Menjadi Umat yang Tunduk dan Patuh kepada Allah, semoga bermanfaat .

Referensi:

M. Mas’udi Fathurrohman Berdoa dengan ayat al-Quran
Example 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Doa Tawakal
Doa

Al-Quran Media-Terhadap bapaknya yang masih kafir, Ibrahim tidak…

Doa Mohon Kebahagiaan Hidup di Dunia dan Akhirat
Doa

Al-Quran Media-Ath-Thabari dan Ibnu Abi Hatim meriwayatkan dari…