Example 728x250
Doa

Doa Mohon Dianugerahi Keturunan yang Saleh dan Baik

53
×

Doa Mohon Dianugerahi Keturunan yang Saleh dan Baik

Share this article
Doa Memuji dan Menyucikan Tuhan serta Menghinakan Diri di Hadapan-Nya
Doa Memuji dan Menyucikan Tuhan serta Menghinakan Diri di Hadapan-Nya
Example 468x60

Al-Quran Media-Di antara sifat-sifat hamba Allah ialah mereka selalu ber- munajat dan memohon kepada-Nya agar dianugerahi keturunan yang saleh dan baik. Istri dan anak-anaknya benar-benar menye- nangkan hati dan menyejukkan perasaan karena keluarga mereka terdiri dari orang-orang yang saleh dan bertakwa kepada Tuhan. Dengan demikian, akan bertambah banyaklah di muka bumi ini hamba-hamba Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

Doa Mohon Dianugerahi Keturunan yang Saleh dan Baik

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

Doa latin:“Robbanâ hab lanâ min azwâjinâ wa dzurriyyâtinâ qurrota a’yunin waj’alnâ lil muttaqîna imâma”

Artinya:“… Ya, Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami dari istri-istri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa.” (QS. al-Furqan [25]: 74).

Penjelasan doa

Di samping itu, mereka bermunajat kepada Allah agar keturunannya menjadi orang-orang yang bertakwa seluruhnya, menjadi penyeru manusia untuk bertakwa, dan menjadi pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa.

Ini adalah cahaya iman yang telah memenuhi hati mereka dan menerangi mereka dengan petunjuk dan hidayah sehingga mereka ingin supaya or- ang-orang yang bertakwa yang mendapat petunjuk kian lama kian bertambah.

Keinginan mereka agar anak cucu dan ke- turunannya menjadi pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa bukan karena ingin kedudukan yang tinggi atau kekuasaan mutlak, melainkan semata-mata karena keinginan yang tulus ikhlas agar penduduk dunia ini dipenuhi orang-orang yang ber- iman dan bertakwa.

Juga bertujuan agar anak cucu mereka melanjutkan perjuangan di dalam menegakkan keadilan dan kebenaran. Dengan demikian, walaupun mereka sendiri telah mati, tetapi mereka tetap menerima pahala dari perjuangan anak cucu mereka.

Doa Mohon Dianugerahi Keturunan yang Saleh dan Baik

رَبِّ هَبْ لِي مِن لَّدُنكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً إِنَّكَ سَمِيعُ الدُّعَاءِ

Doa latin:“Robbi hab lî min ladunka dzurriyyatan thoyyibatan, innaka samî’ud du’âi”

Artinya:“… Ya, Tuhanku, berilah aku dari sisi-Mu seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa.” (QS. Ali Imran [3]: 38).

Penjelasan doa

Ayat ini memaparkan cerita seputar keluarga Zakaria, ketika antara keluarganya dan keluarga Imran terjalin hubungan yang sangat erat, dalam rangka mengemukakan keutamaan keluarga Imran.

Tatkala Zakaria melihat kemuliaan dan martabat yang begitu tinggi pada Maryam di hadapan Allah, timbullah ke- inginannya untuk mempunyai seorang anak serupa dengan Maryam dalam kecerdasan dan kemuliaannya di sisi Allah.

Walaupun Zakaria mengetahui bahwa istrinya adalah seorang perempuan yang mandul dan sudah tua, tetapi dia tetap mengharapkan anugerah dari Allah.

Di dalam mihrab tempat Maryam beribadah, Zakaria memanjatkan doa kepada Allah agar Dia berkenan menganugerahkan kepadanya seorang keturunan yang saleh dan taat mengabdi kepada Allah.

Doa itu timbul dari lubuk hati yang tulus dan penuh kepercayaan kepada kasih sayang Allah Yang Maha Mendengar dan memperkenankan segala doa sehingga segera doa itu dikabulkan Allah.

Doa Mohon Dianugerahi Keturunan yang Saleh dan Baik

رَبِّ هَبْ لِي مِنَ الصَّالِحِينَ

Doa latin:“Robbi hab lî minash shoolihîn”

Artinya:“Ya, Tuhanku, anugerahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang saleh.” (QS. ash-Shaffat [37]: 100).

Penjelasan doa

Ayat ini mengisahkan bahwa Nabi Ibrahim dalam perantauan memohon kepada Tuhan agar dianugerahi seorang anak yang saleh dan taat serta dapat menolongnya dalam menyampaikan dakwah dan mendampinginya dalam perjalanan dan menjadi kawan dalam kesepian.

Kehadiran anak itu sebagai pengganti dari keluarga dan kaumnya yang ditinggalkannya. Permohonan Nabi Ibrahim ini diperkenankan oleh Allah. Kepadanya disampaikan berita gembira bahwa Allah akan menganugerahkan kepadanya seorang anak laki-laki yang punya sifat sangat sabar.

Sifat sabar itu muncul pada waktu baligh karena pada masa kanak-kanak sedikit sekali didapati sifat-sifat seperti sabar, tabah, dan lapang dada. Anak remaja itu ialah Ismail, anak laki-laki pertama dari Ibrahim. Ibunya bernama Hajar, istri kedua dari Ibrahim. Putera kedua ialah Ishak, lahir kemudian sesudah Ismail, dari istri pertama Ibrahim, yaitu Sarah.

Itulah doa tentang permohonan  agar dianugerahi Keturunan yang Saleh dan Baik, semoga bermanfaat

Referensi:

M. Mas’udi Fathurrohman Berdoa dengan ayat al-Quran
Example 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Doa Tawakal
Doa

Al-Quran Media-Terhadap bapaknya yang masih kafir, Ibrahim tidak…

Doa Mohon Kebahagiaan Hidup di Dunia dan Akhirat
Doa

Al-Quran Media-Ath-Thabari dan Ibnu Abi Hatim meriwayatkan dari…