Example 728x250
Doa

Doa Mohon Dihindarkan dari Kezaliman dan  Kekafiran

39
×

Doa Mohon Dihindarkan dari Kezaliman dan  Kekafiran

Share this article
Doa Mohon Kebahagiaan Hidup di Dunia dan Akhirat
Doa Mohon Kebahagiaan Hidup di Dunia dan Akhirat
Example 468x60

Al-Quran Media-Ayat ini menerangkan, bila penghuni A’raf (tempat yang tertinggi antara surga dan neraka) mengalihkan pandangannya ke arah neraka, timbullah ketakutan mereka, lalu memohon kepada Allah agar mereka jangan dimasukkan bersama orang- orang yang zalim itu ke dalam neraka. Sedangkan ketika melihat ke arah surga, timbullah kesenangan dan kesukaan mereka.

Doa Mohon Dihindarkan dari Kezaliman dan  Kekafiran

رَبَّنَا لَا تَجْعَلْنَا مَعَ الْقَوْمِ الظَّالِمِينَ

Doa latin:“Robbanâ lâ taj’alnâ ma’al qoumizh zhoolimîn”

Artinya:“… Ya Tuhan kami, janganlah Engkau tempatkan kami bersama- sama orang-orang yang zalim itu.” (QS. al-A’raf [7]: 47).

Penjelasan doa

Ketika melihat surga mereka mengucapkan salam sejahtera karena kerinduan hati mereka melihat kesenangan yang ada di dalamnya.

Rasa takut dan gentar para penghuni A’raf ketika melihat neraka itu dapat dijadikan pelajaran bagi manusia untuk berhati-hati agar jangan mengerjakan pekerjaan yang dapat mendatangkan dosa.

Soal siapa penghuni A’raf itu, apakah mereka laki-laki dan perempuan atau hanya laki-laki, apakah mereka adalah orang- orang yang seimbang kebaikan dan kejahatannya, ataukah mereka manusia-manusia istimewa dari kalangan umat Muhammad Saw., atau mereka adalah nabi-nabi dan para syuhada, tidaklah terlalu penting untuk dibahas karena memang para ulama berbeda pendapat tentang hal itu.

Yang penting adalah kita per- caya bahwa kelak, di hari akhir, ada sekelompok makhluk Allah yang untuk sementara waktu ditempatkan di sebuah tempat di antara surga dan neraka, apakah dalam rangka menyiksa dengan meresahkan hati mereka ataukah dalam rangka memberi mereka penghormatan.

Mereka yang berada di tempat itu dapat melihat bahkan berdialog dengan penghuni surga dan neraka.

Doa Ashhabul A’raf yang diabadikan oleh ayat ini agaknya diterima Allah karena kebiasaan Al-Qur’an apabila menyebut sesuatu tanpa membantahnya–di tempat uraian itu atau di tempat lain–berarti hal itu benar adanya.

Itulah doa tentang mohon dihindarkan dari kezaliman dan  kekafiran, semoga bermanfaat

Referensi:

M. Mas’udi Fathurrohman Berdoa dengan ayat al-Quran
Example 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Doa Tawakal
Doa

Al-Quran Media-Terhadap bapaknya yang masih kafir, Ibrahim tidak…

Doa Mohon Kebahagiaan Hidup di Dunia dan Akhirat
Doa

Al-Quran Media-Ath-Thabari dan Ibnu Abi Hatim meriwayatkan dari…