Example 728x250
Doa

Doa Mohon Dijauhkan dari Siksa Api Neraka

32
×

Doa Mohon Dijauhkan dari Siksa Api Neraka

Share this article
Doa Mohon Dijauhkan dari Siksa Api Neraka
Doa Mohon Dijauhkan dari Siksa Api Neraka
Example 468x60

Al-Quran Media-Para hamba Allah selalu mengingat hari akhirat dan hari per- hitungan. Mereka yakin bahwa semua amal perbuatan manusia akan dipertanggungjawabkan di hari itu; yang baik diberi ganjaran berlipat ganda dan yang jahat akan dibalas dengan balasan yang setimpal. Di kala mereka bermunajat kepada Tuhan di malam hari, tergambarlah dalam pikiran mereka bagaimana dahsyatnya suasana di waktu itu seakan-akan mereka benar-benar melihat bagaimana ganasnya api neraka yang selalu menanti para hamba Allah yang durhaka untuk menjadi mangsa dan santapannya. Di kala itu, meneteslah air mata mereka dan mereka memohon dengan sungguh-sungguh kepada Allah agar dibebaskan dari siksaan api neraka yang pedih itu.

Doa Mohon Dijauhkan dari Siksa Api Neraka

رَبَّنَا اصْرِفْ عَنَّا عَذَابَ جَهَنَّمَ إِنَّ عَذَابَهَا كَانَ غَرَامًا إِنَّهَا سَاءَتْ مُسْتَقَرًّا وَمُقَامًا

Doa latin: Robbanashrif ‘annâ ‘adzâba jahannama, inna ‘adzâbahâ kâna ghorooma, innahâ sâ’at mustaqorron wa muqooma”

Artinya: “… Ya Tuhan kami, jauhkan azab jahannam dari kami, sesungguhnya azabnya itu adalah kebinasaan yang kekal. Sesungguhnya jahannam itu seburuk-buruk tempat menetap dan tempat kediaman.” (QS. al-Furqan [25]: 65-66).

Penjelasan doa

Orang-orang yang demikian kuat keyakinannya kepada hari akhirat tentu akan mempergunakan kesempatan hidup di dunia ini untuk berbuat amal kebajikan sebanyak-banyaknya dan tidak akan melakukan perbuatan jahat karena yakin perbuatannya itu akan dibalas dengan siksaan yang pedih.

Betapa pun baiknya suatu peraturan yang dibuat manusia dan betapa ketatnya pengawasan dalam pelaksanaannya, tetapi manusia yang tidak sadar akan pengawasan Allah dapat saja meloloskan diri dari ikatan peraturan dan undang-undang itu.

Akan tetapi, manusia yang beriman, andaikata tidak ada peraturan dan undang-undang, tidak akan melakukan satu kejahatan pun karena dia sadar walaupun dapat bebas dari hukuman di dunia, tidak akan dapat melepaskan diri dari azab di akhirat. Kesadaran dan keinsyafan inilah yang tertanam dengan kuat di dalam hati setiap muslim yang mendapat julukan “hamba Allah Yang Maha Penyayang.”

Ayat ini menjelaskan bagaimana seorang mukmin benar- benar takut jatuh ke dalam siksaan neraka karena siksaannya amat pedih dan dahsyat. Neraka itu merupakan seburuk-buruk tempat yang disediakan bagi hamba Allah yang ingkar dan durhaka.

Orang-orang kafir kekal di dalamnya selama-lamanya, menderita berbagai macam siksaan. Meskipun kulit mereka telah hangus terbakar dan panasnya api neraka telah menembus ke dalam daging dan tulang-belulang, tetapi mereka tetap hidup untuk merasakan siksaan itu.

Itulah doa tentang permohonan Dijauhkan dari Siksa Api Neraka , semoga bermanfaat

Referensi:

M. Mas’udi Fathurrohman Berdoa dengan ayat al-Quran
Example 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Doa Tawakal
Doa

Al-Quran Media-Terhadap bapaknya yang masih kafir, Ibrahim tidak…

Doa Mohon Kebahagiaan Hidup di Dunia dan Akhirat
Doa

Al-Quran Media-Ath-Thabari dan Ibnu Abi Hatim meriwayatkan dari…