Example 728x250
Doa

Doa Mohon Kebahagiaan Hidup di Dunia dan Akhirat

45
×

Doa Mohon Kebahagiaan Hidup di Dunia dan Akhirat

Share this article
Doa Mohon Kebahagiaan Hidup di Dunia dan Akhirat
Doa Mohon Kebahagiaan Hidup di Dunia dan Akhirat
Example 468x60

Al-Quran Media-Di dalam ayat ini, Allah menyebutkan manusia yang mem- peroleh keuntungan dunia akhirat, yaitu orang-orang yang di dalam doanya selalu meminta agar mendapat kebahagiaan di dunia dan kebahagiaan di akhirat dan terjauh dari siksaan api neraka.

Doa Mohon Kebahagiaan Hidup di Dunia dan Akhirat

رَبَّنَا ءاتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Doa latin: “Robbanâ âtinâ fid dunyâ hasanatan wa fil âkhiroti hasanatan wa qinâ ‘adzâbannâr”

Artinya: “… Ya, Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka.” (QS. al-Baqarah [2]: 201).

Penjelasan doa

Untuk mencapai hidup bahagia di dunia harus melalui beberapa persyaratan, di antaranya harus sabar dalam berusaha, patuh kepada peraturan dan disiplin, pandai bergaul dan dipercaya serta mempunyai maksud baik dalam usahanya.

Untuk mencapai hidup bahagia di akhirat haruslah mempunyai iman yang murni dan kuat, mengerjakan amal yang saleh, dan mempunyai akhlak yang mulia. Maka untuk terlepas dari siksa neraka hendaklah selalu meninggalkan pekerjaan-pekerjaan maksiat, menjauhkan diri dari yang keji, serta memelihara diri jangan sampai berbuat hal-hal yang diharamkan Allah karena pengaruh syahwat dan hawa nafsu.

Mereka yang meminta kebahagiaan hidup di dunia dan ke- bahagiaan hidup di akhirat itulah yang akan mendapat nasib yang baik dan beruntung karena kesungguhannya dalam berusaha dan beramal.

Artinya mereka sudah dapat menyamakan permintaan hatinya yang diucapkan oleh lidahnya dengan kesungguhan jasmaninya dalam berusaha dan beramal. Buahnya ialah keberuntungan dan kebahagiaan. Ayat ini ditutup dengan peringatan bahwa Allah sangat cepat perhitungan-Nya.

Maksudnya, agar manusia tidak ragu-ragu dalam berusaha dan beramal sebab seluruhnya akan diperhitungkan Allah dan tidak akan dirugikan seorang pun juga.

Perhitungan Allah sangat cepat dan tepat sehingga dalam waktu sekejap saja setiap manusia sudah dapat melihat hasil usaha dan amalnya dan sekaligus akan dapat menerima balasan dari usaha dan amalnya itu dari Allah.

Doa Mohon Kebahagiaan Hidup di Dunia dan Akhirat

رَبِّ هَبْ لِي حُكْمًا وَأَلْحِقْنِي بِالصَّالِحِينَ وَاجْعَل لِّي لِسَانَ صِدْقٍ فِي الْآخِرِينَ وَاجْعَلْنِي مِن وَرَثَةِ جَنَّةِ النَّعِيمِ

Doa latin: “Robbi hab lî hukman wa alhiqnî bish shoolihîn, waj’al lî lisâna shidqin fil âkhirîna waj’alnî min warotsati jannatin na’îm”

Artinya:“Ya, Tuhanku, berikanlah kepadaku Hikmah dan masukkanlah aku ke dalam golongan orang-orang yang saleh. Dan jadikanlah aku buah tutur yang baik bagi orang-orang (yang datang) kemudian. Dan jadikanlah aku termasuk orang-orang yang memusakai surga yang penuh kenikmatan.” (QS. asy-Syu’ara’ [26]: 83-85).

Penjelasan doa

Ibrahim bermohon agar dianugerahi hikmah. Hikmah berarti ilmu pengetahuan yang diamalkan dengan baik. Dalam hubungannya dengan kepribadian orang yang saleh, hikmah diartikan sebagai petunjuk Tuhan dalam beramal, dengan taufik Allah ia terlepas dari segala perbuatan dosa.

Sementara itu, ahli tafsir yang lain ada yang mengartikan hikmah dengan perlakuan yang adil terhadap sesama manusia dalam memutuskan suatu perkara. Dalam kaitannya dengan doa Ibrahim ini, hikmah ditafsirkan sebagai pengetahuan tentang sifat-sifat ketuhanan dan ilmu pengetahuan tentang kebenaran yang akan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, beliau berdoa pula agar dimasukkan ke dalam lingkungan orang-orang yang baik-baik dan pada golongan yang senantiasa bertawakal kepada-Nya. Permohonan tersebut dikabulkan oleh Allah.

Selanjutnya Ibrahim berdoa agar nama baik beliau menjadi buah bibir yang baik bagi orang-orang yang datang kemudian sehingga beliau menjadi suri teladan yang utama sampai hari Kiamat, ini pun dikabulkan Allah.

Adapun pengertian buah bibir yang baik dalam doa ini ialah Nabi Muhammad. Beliau memang keturunan Nabi Ibrahim (dari pihak Ismail) yang terakhir yang diangkat sebagai nabi dan rasul. Risalah Nabi Muhammad (dan juga para nabi) adalah risalah agama tauhid.

Setelah Nabi Ibrahim memohon pahala keduniawian, yakni dengan dijadikan nama baiknya sebagai suri teladan bagi orang- orang sesudahnya, ia pun berdoa pula agar menikmati balasan amalnya di akhirat berupa nikmat kesenangan surga beserta orang-orang yang diperkenankan masuk ke dalamnya.

Ungkapan dalam ayat ini memakai kata-kata “yang mewarisi surga” karena diserupakan dengan kesenangan yang diperoleh seorang raja dalam kerajaan yang diwarisi dari bapaknya.

Itulah doa tentang permohonan Kebahagiaan Hidup di Dunia dan Akhirat, semoga bermanfaat .

Referensi:

M. Mas’udi Fathurrohman Berdoa dengan ayat al-Quran
Example 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Doa Tawakal
Doa

Al-Quran Media-Terhadap bapaknya yang masih kafir, Ibrahim tidak…

Doa Mohon Kebahagiaan Hidup di Dunia dan Akhirat
Doa

Al-Quran Media-Ath-Thabari dan Ibnu Abi Hatim meriwayatkan dari…