Example 728x250
Doa

Doa Mohon Kesabaran dan Keteguhan Iman

36
×

Doa Mohon Kesabaran dan Keteguhan Iman

Share this article
Doa Tawakal
Doa Tawakal
Example 468x60

Al-Quran Media-Ketika Raja Thalut beserta tentaranya telah berhadap- hadapan dengan Raja Jalut dan tentaranya dan menyaksikan betapa banyaknya jumlah musuh dan perlengkapan yang serba sempurna, mereka berdoa kepada Allah agar dilimpahkan iman ke dalam hati mereka, sabar dan tawakal pada Allah, dan agar Allah menolong mereka mengalahkan musuh-musuhnya yang menyembah berhala. Jalut itu adalah seorang yang besar tubuh- nya dan menjadi raja bagi orang-orang Amalik.

Doa Mohon Kesabaran dan Keteguhan Iman

رَبَّنَا أَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَثَبِّتْ أَقْدَامَنَا وَانصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

Doa latin: “Robbanâ afrigh ‘alainâ shobron wa tsabbit aqdâmanâ wanshurnâ ‘alal qoumil kâfirîn”

Artinya: “… Ya Tuhan kami, tuangkanlah kesabaran atas diri kami, dan kokohkanlah pendirian kami dan tolonglah kami terhadap orang-orang kafir.” (QS. al-Baqarah [2]: 250).

Penjelasan doa

Kemudian tentara Thalut mengalahkan tentara Jalut dengan izin Allah. Dalam peperangan itu, Nabi Dawud yang juga ikut berperang berhasil membunuh Raja Jalut. Sebelum terjadi peperangan yang dahsyat itu, Raja Jalut yang tubuhnya sangat besar dan tinggi dan memakai baju besi dengan penuh kesom- bongan menantang untuk melakukan perang tanding satu lawan satu.

Dari pihak Bani Israil sendiri tidak ada yang berani tampil ke muka untuk melayani tantangan itu, maka datanglah seorang pemuda penggembala kambing, yaitu Dawud (yang kemudian menjadi nabi) dan beliau menyatakan kesediaannya untuk menghadapi Raja Jalut.

Ternyata yang dipergunakannya hanya sebuah alat pelempar batu yang selalu dipergunakan untuk melindungi kambing-kambingnya dari serangan serigala. Karena raja Jalut ini memakai baju besi, maka sukar sekali ditembus badannya dengan batu.

Karena itu Dawud dengan kepandaiannya membidik lobang diantara dua matanya sebagai sasarannya, ter- nyata lemparan beliau tepat mengenai sasaran sehingga raja Jalut rubuh seketika karena dahinya ditembus oleh peluru batu itu.

Setelah itu Dawud mengambil pedangnya dan memenggal leher Jalut sehingga putus dan terpisah dari badannya. Maka buyarlah seluruh kaum Amalik karena rajanya telah terbunuh. Seluruh tentara Bani Israil dengan suara gemuruh dan gegap gempita menyambut Dawud yang kemudian dijadikan menantu oleh Raja Thalut sebagai penghargaan atas jasanya.

Kesimpulannya adalah bahwa golongan yang kecil dapat mengalahkan golongan yang besar jika disertai dengan kesabaran dan ketabahan. Dan telah menjadi sunnatullah bahwa Allah menolak keganasan manusia terhadap manusia yang lain.

Itulah doa tentang permohonan Kesabaran dan Keteguhan Iman , semoga bermanfaat.

Referensi:

M. Mas’udi Fathurrohman Berdoa dengan ayat al-Quran
Example 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Doa Tawakal
Doa

Al-Quran Media-Terhadap bapaknya yang masih kafir, Ibrahim tidak…

Doa Mohon Kebahagiaan Hidup di Dunia dan Akhirat
Doa

Al-Quran Media-Ath-Thabari dan Ibnu Abi Hatim meriwayatkan dari…