Example 728x250
Doa

Doa Mohon Tetap Menjadi Hamba yang Pandai Mensyukuri Nikmat

35
×

Doa Mohon Tetap Menjadi Hamba yang Pandai Mensyukuri Nikmat

Share this article
Doa Mohon Tetap Menjadi Hamba yang Pandai Mensyukuri Nikmat
Doa Mohon Tetap Menjadi Hamba yang Pandai Mensyukuri Nikmat
Example 468x60

Al-Quran Media-Ayat ini menerangkan sikap yang baik dari seorang anak kepada orang tuanya yang telah mengasuhnya sejak kecil sampai dewasa, pada saat-saat orang tuanya itu telah berusia lanjut, lemah, dan pikun.

Doa Mohon Tetap Menjadi Hamba yang Pandai Mensyukuri Nikmat

رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَى وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَصْلِحْ لِي فِي ذُرِّيَّتِي إِنِّي تُبْتُ إِلَيْكَ وَإِنِّي مِنَ الْمُسْلِمِينَ

Doa latin: “Robbi auzi’nî an asykuro ni’matakallatî an’amta alayya wa ‘alâ wâlidayya wa an a’mala shoolihan tardhohu wa ashlih lî fî dzurriyyatî, innî tubtu ilaika wa innî minal muslimîn”

Artinya: “… Ya, Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhoi; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada-Mu dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri.” (QS. al-Ahqaf [46]: 15).

Penjelasan doa

Waktu itu si anak telah berumur sekitar 40 tahun, ia berdoa, “Wahai Tuhanku, berilah aku bimbingan dan petunjuk untuk mensyukuri nikmat-Mu yang tiada taranya yang telah Engkau berikan kepadaku, baik yang berhubungan dengan petunjuk sehingga aku dapat melaksanakan perintah-Mu dan menghindari larangan-Mu, maupun petunjuk yang telah Engkau berikan kepada kedua orang tuaku sehingga mereka mencurah- kan rasa kasih sayangnya kepadaku, dari sejak aku masih dalam kandungan, waktu aku masih kecil, sampai aku dewasa.

Wahai Tuhanku, terimalah semua amalku dan tanamkan dalam diriku semangat ingin beramal saleh yang sesuai dengan keridhoan- Mu dan bimbinglah pula keturunanku mengikuti jalan yang lurus; jadikanlah mereka orang yang bertakwa dan beramal saleh.”

Sehubungan dengan ayat ini Ibnu ‘Abbas berkata, “Barang siapa telah mencapai umur 40 tahun, sedangkan perbuatan baik- nya belum dapat mengalahkan perbuatan jahatnya maka hendak- lah ia bersiap-siap untuk masuk neraka.”

Itulah doa tentang permohonan agar tetap Menjadi Hamba yang Pandai Mensyukuri Nikmat, semoga bermanfaat

Referensi:

M. Mas’udi Fathurrohman Berdoa dengan ayat al-Quran
Example 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Doa Tawakal
Doa

Al-Quran Media-Terhadap bapaknya yang masih kafir, Ibrahim tidak…

Doa Mohon Kebahagiaan Hidup di Dunia dan Akhirat
Doa

Al-Quran Media-Ath-Thabari dan Ibnu Abi Hatim meriwayatkan dari…