Example 728x250
Doa

Doa Mohon Tetap Menjadi Hamba yang Pandai Mensyukuri Nikmat

36
×

Doa Mohon Tetap Menjadi Hamba yang Pandai Mensyukuri Nikmat

Share this article
Doa Mohon Tetap Menjadi Hamba yang Pandai Mensyukuri Nikmat
Doa Mohon Tetap Menjadi Hamba yang Pandai Mensyukuri Nikmat
Example 468x60

Al-Quran Media-Atas rahmat dan karunia yang telah diberikan Allah kepada Sulaiman berupa kemampuan memahami percakapan raja semut dan adanya semacam anggapan baik dari raja semut terhadap Sulaiman dan bala tentaranya, maka Sulaiman berdoa kepada Allah, “Wahai Tuhanku Pemberi Rahmat, jadikanlah aku ter- masuk orang-orang yang terus-menerus mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada ibu- bapakku.

Jadikanlah aku sebagai seorang hamba-Mu yang selalu mengerjakan amal-amal saleh yang engkau ridhoi, dan jadikan- lah aku orang yang berkeinginan mengerjakan amal saleh itu. Bila aku meninggal dunia, masukkanlah aku ke dalam surga bersama-sama orang-orang yang saleh yang Engkau masukkan ke dalamnya dengan rahmat-Mu.

Doa Mohon Tetap Menjadi Hamba yang Pandai Mensyukuri Nikmat

رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَى وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَهُ وَأَدْخِلْنِي بِرَحْمَتِكَ فِي عِبَادِكَ الصَّالِحِينَ

Doa latin: “Robbi auzi’nî an asykuro ni’matakallatî an’amta alayya wa ‘alâ wâlidayya wa an a’mala shoolihan tardhohu wa adkhilnî birohmatika fî ‘ibâdikashoolihîn”

Artinya: “… Ya, Tuhanku, berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridhoi; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh.” (QS. an-Naml [27]: 19).

Penjelasan doa

Dari doa Nabi Sulaiman itu dipahami bahwa yang diminta oleh Sulaiman kepada Allah ialah kebahagiaan yang abadi di akhirat nanti. Sekalipun Allah telah melimpahkan beraneka ragam kesenangan dan kekuasaan duniawi kepadanya, ia tidak lupa diri karenanya. Ia yakin bahwa kesenangan duniawi itu adalah kese- nangan yang sementara sifatnya dan tidak kekal.

Sikap Nabi Sulaiman pada waktu menerima nikmat Allah itu adalah sikap yang harus dicontoh dan dijadikan suri teladan oleh setiap kaum Muslimin. Berdoa dan bersyukurlah kepada Allah setiap mendapatkan nikmat-Nya dan janganlah meng- ingkari nikmat-Nya.

Itulah doa tentang permohonan agar tetap menjadi hamba yang pandai mensyukuri nikmat, semoga bermanfaat

Referensi:

M. Mas’udi Fathurrohman Berdoa dengan ayat al-Quran
Example 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Doa Tawakal
Doa

Al-Quran Media-Terhadap bapaknya yang masih kafir, Ibrahim tidak…

Doa Mohon Kebahagiaan Hidup di Dunia dan Akhirat
Doa

Al-Quran Media-Ath-Thabari dan Ibnu Abi Hatim meriwayatkan dari…