Example 728x250
Doa

Doa Orang-Orang yang Beriman

28
×

Doa Orang-Orang yang Beriman

Share this article
Doa Mohon Diterima Setiap Amal
Doa Mohon Diterima Setiap Amal
Example 468x60

Al-Quran Media-Ibnu Abi Hatim meriwayatkan dari Sa’id bin Jubair, seraya berkata, Raja Najasyi mengutus 30 orang pilihannya kepada Rasulullah Saw., kemudian beliau membacakan surat Yasin di hadapan mereka sehingga mereka menangis dan berkata, “Alang- kah miripnya (bacaan) itu dengan apa yang diturunkan kepada Musa.”

Doa Orang-Orang yang Beriman

رَبَّنَا ءَامَنَّا فَاكْتُبْنَا مَعَ الشَّهِدِينَ

Doa latin: “Robbanâ âmannâ faktubnâ ma’asy syâhidîn”

Artinya: “… Ya Tuhan kami, kami telah beriman, maka catatlah kami bersama orang-orang yang menjadi saksi (atas kebenaran Al- Qur’an dan kenabian Muhammad Saw.)” (QS. al-Ma’idah [5]: 83).

Penjelasan doa

An-Nasa’i meriwayatkan dari Abdullah bin az-Zubair, ia berkata, “Ayat ini turun berkaitan dengan Raja Najasyi dan sahabat-sahabatnya.” Ath-Thabrani juga mengeluarkan riwayat yang sama dari Ibnu ‘Abbas. Menurut Ibnu ‘Abbas, Sa’id bin Jubair, Atha’, dan as-Suddi, yang dimaksud adalah Raja Najasyi dan pengikutnya yang datang kepada Rasulullah Saw. dari Habasyah (Ethiopia) dan mereka percaya kepada beliau.

Pada saat kaum Nasrani mendengar dan memahami kandungan ayat-ayat Al-Qur’an, ada di antara mereka yang mencucurkan air mata karena sangat terharu dan yakin atas kebenaran Al-Qur’an yang diturunkan Allah kepada Nabi Muhammad yang ternyata membenarkan kitab suci mereka.

Mereka terharu pula oleh sifat- sifat Nabi Muhammad yang telah mereka kenal sebelumnya dari kitab suci mereka. Pada saat demikian, mereka dengan rendah hati berkata, “Ya Tuhan kami, kami beriman kepada-Mu dan kepada rasul-rasul-Mu, terutama Nabi Muhammad.

Oleh sebab itu, masukkanlah kami bersama orang-orang yang mengakui kebenaran Al-Qur’an dan Nabi Muhammad, yang akan menjadi saksi pada hari Kiamat nanti bahwa Engkau benar-benar telah mengutus para nabi dan rasul-Mu, dan bahwa mereka benar- benar telah menyampaikan agama-Mu kepada umat mereka masing-masing.”

Selanjutnya mereka menyatakan bahwa tidak ada sesuatu pun yang dapat menghalangi mereka untuk beriman kepada Allah dan kepada kebenaran yang telah diturunkan melalui Rasul-Nya yang terakhir yang diutus untuk seluruh umat manusia.

Kemudian mereka tegaskan pula bahwa mereka beriman kepada Allah dan kepada kebenaran yang dibawa Rasul-Nya karena mereka sangat ingin agar Allah memasukkan mereka ke dalam golongan orang-orang saleh, yaitu umat Nabi Muhammad karena ajaran agama Islamlah yang benar, baik mengenai keimanan, ibadah, muamalah, dan akhlak yang luhur.

Menurut pendapat ulama kenamaan Mesir, asy-Sya’rawi, bahwa seorang yang menjadi saksi adalah dia yang disaksikan oleh Rasul Saw., sedang beliau hanya akan menyaksikan jika yang bersangkutan menyampaikan ajaran yang benar.

Jika demikian, lanjut asy-Sya’rawi, seorang yang beriman dan menjadi saksi mendapat dua kehormatan, pertama menerima dari rasul dan kedua menyampaikan risalah Ilahiah kepada orang lain. Sekali lagi, seorang mukmin tidak dapat menjadi saksi, kecuali jika kesaksiannya merupakan kelanjutan dari kesaksian Rasul Saw.

Itulah doa tentang Orang-Orang yang Beriman dan penjelasannya, semoga bermanfaat

Referensi:

M. Mas’udi Fathurrohman Berdoa dengan ayat al-Quran
Example 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Doa Tawakal
Doa

Al-Quran Media-Terhadap bapaknya yang masih kafir, Ibrahim tidak…

Doa Mohon Kebahagiaan Hidup di Dunia dan Akhirat
Doa

Al-Quran Media-Ath-Thabari dan Ibnu Abi Hatim meriwayatkan dari…