Example 728x250
Doa

Doa untuk Kedua Orang Tua dan Orang-Orang yang Beriman

37
×

Doa untuk Kedua Orang Tua dan Orang-Orang yang Beriman

Share this article
Doa Mohon Dijauhkan dari Siksa Api Neraka
Doa Mohon Dijauhkan dari Siksa Api Neraka
Example 468x60

Al-Quran Media-Allah Swt. memerintahkan kepada kaum muslimin agar bersikap rendah hati dan penuh kasih sayang kepada kedua orang tua. Yang dimaksud dengan sikap rendah hati dalam ayat ini ialah menaati apa yang mereka perintahkan selama perintah itu tidak bertentangan dengan ketentuan-ketentuan agama.

Taat anak kepada kedua orang tua merupakan tanda kasih sayang dan hormatnya kepada mereka, terutama pada saat keduanya sangat memerlukan pertolongan anaknya.

Doa untuk Kedua Orang Tua dan Orang-Orang yang Beriman

رَّبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا

Doa latin: “Robbirhamhumâ kamâ robbayânî shoghîro”

Artinya: ‘Wahai Tuhanku, kasihilah mereka berdua sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil’” (QS. al-Isra’ [17]: 24)

Penjelasan doa:

Ditegaskan bahwa sikap rendah hati itu haruslah dilakukan dengan penuh kasih sayang, tidak dibuat-buat untuk sekadar menutupi celaan atau menghindari rasa malu pada orang lain.

Sikap itu hendaknya betul-betul dilakukan karena kesadaran yang timbul dari hati nurani.

Di akhir ayat ini Allah Swt. memerintahkan kaum muslimin untuk mendoakan kepada ibu bapak mereka agar diberi limpahan kasih sayang Allah sebagai imbalan dari kasih sayang keduanya dalam mendidik mereka ketika masih kanak-kanak.

Secuplik dari doa bakti kepada orang tua yang diajarkan oleh asy-Syaikh al-Imam al-Arif Billah, Muhammad Ibn Ahmad Ibn Abilhab al-Hadhrami antara lain berbunyi, “Ya Allah, bacaan apa pun yang kami baca dan Engkau sucikan, shalat apa pun yang kami dirikan dan Engkau terima, zakat dan sedekah apa pun yang kami keluarkan dan Engkau sucikan dan kembangkan,

amal saleh apa pun yang kami kerjakan dan Engkau ridhoi maka kami memohon agar ganjaran mereka lebih besar dari ganjaran yang Engkau anugerahkan kepada kami,

bagian mereka lebih banyak dari yang Engkau limpahkan kepada kami, serta perolehan mereka lebih berlipat ganda dari perolehan kami, karena Engkau, Ya Allah, telah berwasiat kepada kami agar berbakti kepada mereka dan memerintahkan kami mensyukuri mereka,

sedang Engkau lebih utama berbuat kebajikan dari semua makhluk yang berbuat kebajikan serta lebih wajar untuk memberi dari siapa pun yang diperintah untuk memberi. ”

Doa dan bakti yang diajarkan agama ini bukan saja meru- pakan pendidikan kepada anak atau manusia untuk pandai- pandai mensyukuri nikmat dan mengakui jasa orang lain (ter- utama ibu dan bapak),

tetapi juga bertujuan mengukuhkan hubungan harmonis antaranggota keluarga yang pada gilirannya dapat mengukuhkan sendi-sendi kehidupan masyarakat dan umat manusia.

Referensi:

M. Mas’udi Fathurrohman Berdoa dengan ayat al-Quran
Example 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Doa Tawakal
Doa

Al-Quran Media-Terhadap bapaknya yang masih kafir, Ibrahim tidak…

Doa Mohon Kebahagiaan Hidup di Dunia dan Akhirat
Doa

Al-Quran Media-Ath-Thabari dan Ibnu Abi Hatim meriwayatkan dari…