Example 728x250
Doa

Doa untuk Kedua Orang Tua dan Orang-Orang yang Beriman

60
×

Doa untuk Kedua Orang Tua dan Orang-Orang yang Beriman

Share this article
Doa Memuji dan Menyucikan Tuhan serta Menghinakan Diri di Hadapan-Nya
Doa Memuji dan Menyucikan Tuhan serta Menghinakan Diri di Hadapan-Nya
Example 468x60

Al-Quran Media-Di samping menyucikan dan memuji Allah, para malaikat juga senantiasa berdoa bagi orang-orang mukmin.

Doa untuk Kedua Orang Tua dan Orang-Orang yang Beriman

رَبَّنَا وَسِعْتَ كُلَّ شَيْءٍ رَّحْمَةً وَعِلْمًا فَاغْفِرْ لِلَّذِينَ تَابُوا وَاتَّبَعُوا سَبِيلَكَ وَقِهِمْ عَذَابَ الْجَحِيمِ رَبَّنَا وَأَدْخِلْهُمْ جَنَّاتِ عَدْنٍ الَّتِي وَعَدتَهُمْ وَمَن صَلَحَ مِنْ ءَابَابِهِمْ وَأَزْوَاجِهِمْ وَذُرِّيَّتِهِمْ إِنَّكَ أَنتَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ

Doa latin: “Robbbanâ wasi’ta kulla syai’in rohmatan wa ‘ilman faghfir lilladzîna tâbû wattaba’û sabîlaka wa qihim adzâbal jahîmi robbanâ wa adkhilhum jannâti ‘adninillatî wa’adtahum waman sholaha min âbâ’ihim wa azwâjihim wadzurriyyâtihim innaka antal ‘azîzul hakim”

Artinya: “Ya Tuhan kami, rahmat dan ilmu yang ada pada-Mu meliputi segala sesuatu, maka berilah ampunan kepada orang-orang yang bertobat dan mengikuti jalan (agama)-Mu dan peliharalah mereka dari siksaan neraka yang menyala-nyala’. ‘Ya Tuhan kami, dan masukkanlah mereka ke dalam surga ‘Adn yang telah Engkau janjikan kepada mereka dan orang-orang yang saleh di antara bapak-bapak mereka, isteri-isteri, dan keturunan mereka. Sesungguhnya Engkaulah yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana’” (QS. al-Mukmin [40]: 7-8).

Penjelasan doa

Doa-doa tersebut, sebagaimana doa di atas, antara lain menggambarkan hal-hal sebagai berikut:

Pertama, bahwa ilmu Tuhan meliputi segala sesuatu. Rahmat Allah meliputi pengampunan dosa-dosa dan kesalahan mereka dan ilmu Tuhan meliputi perbuatan, ucapan, dan gerak mereka. Mudah bagi Allah mengampuni dosa-dosa dan kesalahan- kesalahan karena rahmat-Nya lebih luas dan lebih besar dari dosa- dosa dan kesalahan.

Tiada suatu perbuatan sekalipun di tempat yang gelap, tiada suatu kata atau ucapan, sekalipun kata hati atau bisikan sukma, tiada suatu tindak-tanduk atau gerak-gerik kecuali diketahui oleh Allah.

Kedua, memintakan ampun kepada Allah bagi orang-orang yang bertobat, menghentikan perbuatan dosa yang telah dilaku- kan, mengikuti apa yang diperintahkan kepada mereka, meng- amalkan yang baik, dan meninggalkan hal-hal yang munkar.

Ketiga, malaikat pun memohon agar orang-orang mukmin itu dilindungi dari siksa neraka Jahanam sesuai dengan janji Allah.

Keempat, para malaikat memohon agar orang-orang mukmin dimasukkan ke dalam surga ‘Adn yang telah dijanjikan oleh Allah melalui ucapan rasul-Nya.

Para malaikat juga memohon agar bersama mereka itu dimasukkan juga orang-orang saleh di antara bapak-bapak (nenek moyang), istri-istri, dan keturunan mereka semua, supaya mereka merasa senang karena berkumpul dengan keluarga di tempat yang dapat memberi kegembiraan dan ke- senangan, menimbulkan rasa riang dan suka yang amat ber- kesan.

Ayat ini ditutup dengan satu ketegasan bahwa Allah itu Maha Perkasa (tiada sesuatu yang dapat menghalangi kehendak-Nya) dan Maha Bijaksana (tiada sesuatu yang dikerjakan-Nya kecuali sesuai dengan hikmah kebijaksanaan-Nya).

Referensi:

M. Mas’udi Fathurrohman Berdoa dengan ayat al-Quran
Example 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Doa Tawakal
Doa

Al-Quran Media-Terhadap bapaknya yang masih kafir, Ibrahim tidak…

Doa Mohon Kebahagiaan Hidup di Dunia dan Akhirat
Doa

Al-Quran Media-Ath-Thabari dan Ibnu Abi Hatim meriwayatkan dari…