Example 728x250
Keislaman

Macam-Macam Ijma’ dan Pengertiannya

151
×

Macam-Macam Ijma’ dan Pengertiannya

Share this article
Macam-Macam Ijma' dan Pengertiannya
Macam-Macam Ijma' dan Pengertiannya
Example 468x60

Al-Quran Media –  Sumber hukum islam yang ketiga yaitu ijma’. Ijma’ adalah kesepakatan seluruh mujtahid pada masanya setelah wafatnya Rasulullah Saw. Macam-macam ijma’ ada dua yaitu ijma’ sharih dan ijma’ sukutiIjma’ sharih ialah ijma’ yang mana semua mujtahid menyepakatinya. Sedangkan ijma’ sukuti adalah ijma’ yang disepakat oleh sebagian mujtahid dan yang lainnya diam tetapi juga tidak mengingkari.

Pengertian Ijma’

Pengertia ijma’ secara bahasa berarti ‘azm dan ittifaq. ‘Azm memiliki arti tekad, keputusan, resolusi, niat, rencana. Sedangkan arti ittifaq  adalah  persetujuan, kesepakatan, perjanjian, konvensi, kesesuaian,  keselarasan.

Pengertian ijma’ secara istilah banyak sekali pendapat ulama’ yang mengemukakannya, kami hanya menguraikan sebagiannya yang sekiranya dapat mewakili dari pendapat-pendapat ulama’ tersebut. Pertama, dalam kitab Jam’ul Jawami’ di jelaskan bahwa ijma’ adalah:

الاجماع هو اتفاق مجتهدي هذه الأمة في عصر من الأعصار على أي أمر كان

Artinya: Ijma’ adalah kesepakatan mujtahid umat ini (Umat Rasulullah Saw) pada setiap dari beberapa masa atas hukum setiap sesuatu yang sedang terjadi.

Kedua, Abdul Wahab Khalaf mendefinisikan ijma’ sebagaimana berikut ini:

الإجماع في اصطلاح الأصوليين: هو اتفاق جميع المجتهدين من المسلمين في عصر من العصور بعد وفاة الرسول – صلى الله عليه وسلم – على حكم شرعي في واقعة

Artinya: Ijma’ menurut Ahli ushul fiqih adalah kesepakatan seluruh mujtahid dari umat islam terhadap hukum-hukum persoalan yang sedang terjadi setelah wafatnya Rasulullah Saw. dalam setiap masanya mujtahid dari beberapa masa.

Artinya ijma’ adalah kesepakatan seluruh mujtahid pada masanya terhadap hukum-hukum syari’at pada masanya mujtahid.

Ketiga, Muhamad Musthofa Al-Zuhaili mendefinisikan ijma’ sebagaimana berikut ini:

الاجماع هو اتفاق مجتهدي عصر من أمة محمَّد – صلى الله عليه وسلم – على أمر شرعي

Artinya: Ijma’ adalah kesepakatan mujtahid umat Nabi Muhammad Saw. terhadap permasalahan syari’at pada masanya.

Dari definisi di atas dapat di simpulkan bahwa ijma’ kesepakatan seluruh mujtahid pada masanya setelah wafatnya Rasulullah Saw.

Lalu ulama’ berbeda pendapat dalam obyek yang di sepakati ada yang mengatakan ijma’ hanya terjadi dalam permasalahan-permasalahan hukum syari’at saja, ada juga yang mengatakan ijma’ dapat terjadi dalam semua permasalahan.

Macam-Macam Ijma’

Macam-macam ijma’ ada dua yaitu ijma’ sharih dan ijma’ sukuti. Ijma’ sharih ialah ijma’ yang mana semua mujtahid menyepakatinya secara keseluruhan baik dalam ungkapan-ungkapan (mujtahid sama-sama menyampaikan kesepakatannya) maupun perbuatan.

Dalam hal ijma’ sharih ini semua ulama’ sepakat bahwa ijma’ sharih ini dapat di jadikan sebagai hujah dan dalil sumber hukum Syari’at, dan dalam hal ijma’ sharih ini pula berlaku hukum kufur bagi orang yang mengingkari karena ijma’ ini bagian dari dalil qoth’i yang tidak boleh di ingkari.

Ijma’ sukuti adalah ijma’ yang disepakat oleh sebagian mujtahid dan yang lainnya diam tetapi juga tidak mengingkari. Bila terjadi pengingkaran atau perbedaan pendapat antar mujtahid maka hal tersebut belum di sebut sebagai ijma’ sukuti.

Ijma’ sukuti ini ulama’  masih khilaf, menurut Syafi’iyah dan Dhahiriyah ijma’ sukuti tidak dapat jadikan sebagai hujjah. Sedangkan Hanafiyah, Malikiyah dan Ahmad mengatakan ijma’ sukuti dapat di jadikan sebagai hujah.

Baca juga: 

Refrefsi:

1. Ahmad, Sihabuddin. Al-Dar Al-Lawami’ Fi Syarhi Jam’u Al-Jawami’. Madinah Munawaroh: Al-Jami’ah Al-Islamiyah, 2008.
2. Al-Zuhaili, Muhamad Musthofa. Al-Wajiz Fi Ushul Fiqhi Al-Islami. Siria: Dar Al-Khair Lithaba’ah Wan Nasyr, 2006.
3. Khalaf, Abdul Wahab. Ilmu Ushul Fiqih. Al-Azhar: Maktabah Al-Da’wah, n.d.
4. Al-Zuhaili, Muhamad Musthofa. Ilmu Ushul Fiqih Wa Khulashakh Tarikh Tasyri’. Mesir: Mathba’ah Al-Madani, 2010.
5. Majah, Ibnu. Sunan Ibnu Majah. Dar Ar-Risalah Al-Alamiyah, 2009.
Example 300250

Responses (2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.