Example 728x250
Tafsir Ayat Populer

Penafsiran Surah Al-Muzammil Ayat 1-4 : Qiyamul Lail

34
×

Penafsiran Surah Al-Muzammil Ayat 1-4 : Qiyamul Lail

Share this article
Penafsiran Surah Al-Muzammil Ayat 1-4 : Qiyamul Lail
Penafsiran Surah Al-Muzammil Ayat 1-4 : Qiyamul Lail
Example 468x60
Surah Al-Muzammil Ayat 1-4

يٰٓاَيُّهَا الْمُزَّمِّلُۙ قُمِ الَّيْلَ اِلَّا قَلِيْلًاۙ نِّصْفَه اَوِ انْقُصْ مِنْهُ قَلِيْلًاۙ اَوْ زِدْ عَلَيْهِ وَرَتِّلِ الْقُرْاٰنَ تَرْتِيْلًاۗ

Artinya: “Wahai orang yang berselimut (Muhammad) Bangunlah (untuk salat) pada malam hari, kecuali sebagian kecil, (yaitu) separuhnya atau kurang sedikit dari itu, atau lebih dari (seperdua) itu, dan bacalah Al-Qur’an itu dengan perlahan-lahan.

Semua ulama’ sepakat bahwa salat malam adalah salat yang di fardukan kepada Rasulullah SAW..  hal ini didasarkan kepada dhahirnya ayat yang berupa fiil Amar yang memiliki kandungan hukum wajib.  Tetapi ayat ini kemudian di nasikh.  Penyebab di nasikhnya  hukum ini  banyak pendapat yang dikemukakan oleh ulama.

Pertama,  ayat ini diturunkan sebelum terjadi di fardukannya salat lima waktu.

Kedua, Ketika Allah mengungkapkan dengan:

قُمِ اللَّيْلَ إِلَّا قَلِيلًا نِصْفَهُ/ أَوِ انْقُصْ مِنْهُ قَلِيلًا أَوْ زِدْ عَلَيْهِ

Maka terdapat orang laki-laki yang tidak mengerti berapa dia harus salat dan  berapa bagian dari malam.  Karena ddemikian maka orang tersebut salat pada keseluruhan malam karena takut tidak dapat memenuhi kewajiban.

Sehingga  memberatkannya  dan kaki dan pergelangan kakinya  kendor. Yang demikian itu terjadi pada awal masa keislaman.   kemudian ayat ini di nasikh  dengan akhirat ayat ini,  yaitu :

فَاقْرَؤُا مَا تَيَسَّرَ مِنْهُ [الْمُزَّمِّلِ: ٢٠]

Menurut riwayat bahwa Diwajibkannya salat malam itu terjadi di Mekah,  lalu di Madinah di nasikh dengan salat lima waktu.
Perintah melaksanakan salat malam dengan setengah atau kurang Atau lebih,  hal ini menunjukkan  terhadap waktu paling sedikit dan paling banyak qiyamul lail. Ulama menyebutkan bahwa paling sedikit qiyamul lail  adalah sepertiga malam,  dan paling banyaknya adalah 2/3 malam.

Itulah penafsiran surah Al-Muzammil Ayat 1-4 tentang Qiyamul Lail, semoga dapat memberi manfaat.

Example 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.